Sabtu, 16 Juni 2012

16 Juni : Kelahiran Surakarta

16 Juni, apakah yang special dari tanggal ini? Setelah aku telusuri lebih lanjut, banyak kejadian yang terjadi pada tanggal ini. Dan yang paling menarik hatiku adalah 16 Juni sebagai Hari Jadi Pemerintahan Kota Surakarta. Secara de Facto, Pemerintahan Kota Surakarta terbentuk pada tanggal 16 Juni 1946 yang sekaligus sebagai penanda penghapusan kekuasaan Kerajaan Kasunanan dan Mangkunegaran di Surakarta. Walaupun secara yuridis, Kota Surakarta baru terbentuk berdasarkan penetapan Pemerintah tahun 1946 Nomor 16/SD yang diumumkan tanggal 15 Juli 1946. Namun dengan berbagai pertimbangan faktor-faktor historis sebelumnya, tanggal 16 Juni 1946 ditetapkan sebagai Hari Jadi Pemerintah Kota Surakarta.

Kota Surakarta



Sejarah Kota Surakarta
Pada masa setelah kemerdekaan RI, wilayah ini dinamakan "Daerah Istimewa Surakarta" dengan Gubernur Sri Susuhunan Pakubuwono XII (Raja Kraton Kasunanan) dan Wakil Gubernur Sri Mangkunegoro VII (Raja Kraton Mangkunegaran). Namun, karena berkembang gerakan antimonarki di Surakarta serta kerusuhan, penculikan dan pembunuhan pejabat DIS maka pada tanggal 16 Juni 1946 Pemerintah RI membubarkan DIS. Hal ini membuat Status Susuhunan Surakarta dan Adipati Mangkunegara menjadi rakyat biasa di Masyarakat dan Kraton diubah menjadi pusat pengembangan seni dan budaya Jawa. Kemudian wilayah ini berubah menjadi Karesidenan Surakarta (Residentie Soerakarta) yang terdiri dari daerah Kota Praja Surakarta, Kab Karanganyar, Kab Sukowati, Kab Wonogiri, Kab Sukoharjo, Kab Klaten dan Kab Boyolali. Status inipun tidak bertahan lama, karena pada tanggal 4 Juli 1950 Karesidenan Surakarta dihapuskan dan Surakarta menjadi Kota di bawah administrasi Provinsi Jawa Tengah. Semenjak berlakunya UU Pemerintahan daerah yang memberikan banyak hak otonomi bagi Pemerintahan Daerah, Surakarta menjadi Daerah berstatus Kota Otonom.

Berbagai Tempat Di SURAKARTA
Kembali lagi kepada tanggal 16 Juni. Pada tahun 2012 ini, Kota Surakarta memperingati Hari Jadinya yang ke 66. Dan untuk memperingatinya, Pemerintah Kota Surakarta mengadakan event yang bernama "Solo Kampung Art". Solo Kampung Art sendiri merupakan ajang bertemunya berbagai kelompok kesenian yang tumbuh di kampung-kampung di Surakarta. Acara yang bertema "Kampungku Kebanggaanku" ini akan berlangsung mulai tanggal 16 Juni-19 Juni di Monumen Banjarsari mulai pukul 16.00 WIB. 

sumber : www.surakarta.go.id & id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Komentar Komentar, Gratis tanpa dipungut biaya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...