Minggu, 30 Desember 2012

Perjalanan Tahun 2012

Yak sampai juga kita di penghujung akhir tahun 2012. Tahun yang sangat bermakna dalam hidupku. Banyak kegembiraan yang aku alami pada tahun ini. Namun, juga ada beberapa tangisan, atau mungkin lebih tepatnya tangis keharuan yang mengiringiku di beberapa waktu. Ada juga berita heboh dari jaman dulu yang akhirnya hanya mengundang gelak tawa pada hari H nya. Apa sajakah yang aku maksud tadi? Langsung aja akan kubagikan ceritaku di tahun 2012 ini :D

Satu Tahun, Beragam Cerita

Awal tahun 2012 tidak begitu berarti bagiku. Karena isinya hanya tryout atau test-test yang dijadwalkan sekolah untuk menguji kematangan siswa dalam menghadapi UN serta SNMPTN. Walaupun dalam menghadapi tryout itu tidak pernah belajar karena saking malesnya atau bisa dikatakan saking cueknya, dan hasilnya tentu saja tidak maksimal. Apalagi mapel yang seakan menjadi momok menakutkan bagiku yaitu Geografi. Gurunya sih emang unyuk unyuk, tp pelajarannya itu munyuk munyuk. Apalan semua, susah dipahami. Dan bahkan aku sempat dalam tryout itu nilaiku dibawah angka 4, yang artinya aku tidak lulus. sedeeeh T.T

Namun, berkat perjuangan dan naluri pengawuran yang baik, akhirnya dalam UN alhamdulilah bisa mendapatkan nilai yang lumayan bagus. Termasuk mapel Geografi, walaupun di bawah ratarata, yang penting di atas nilai kelulusan. Hehe. Dan kegembiraanku juga berlanjut saat tahu bahwa aku mendapat nilai yang sangat memuaskan dalam mapel Ekonomi dan Matematika. Dua mapel yang aku sukai saat SMA, berkat inilah aku mendapat tambahan uang saku saat kelulusan XD

Tapi dibalik kegembiraan itu, terdapat kesedihan yang sangat mendalam. Karena aku tidak bisa mendapat ranking paralel saat UN. Padahal itu adalah harapan bapak yang sudah beberapa kali dikatakan kepadaku. Beliau sempat berkata padaku bahwa aku harus bisa menjadi yang terbaik setidaknya tiga besar dalam ujian. Entah itu Ujian semester ataupun UN. Dan saat ujian semester, ternyata hasilku tak maksimal. Jangankan tiga besar, masuk 10 besar pun sulit. Dan pada saat UN, aku berpikir inilah kesempatan terakhirku. Aku berusaha semaksimal mungkin, ikut tryout, membabat habis buku detikdetik UN. Namun, pada akhirnya semua siasia, nilai puas tapi target lepas :(

Ada satu hal yang setidaknya mengobati kesedihanku itu, yaitu aku diterima SNMPTN Undangan di UNS. Aku masuk jurusan Akuntansi. Pada awalnya, aku tidak menargetkan masuk ke situ, tapi aku lebih memilih realistis dengan target masuk pada pilihan kedua yaitu jurusan BK - FKIP - UNS karena akuntansi di SNMPTN Undangan kuotanya hanya sedikit namun peminatnya banyak. Bahkan dari SMAku saja ada sekitar 11 orang dan aku termasuk di nomor bawah, sungguh menyesakkan tapi semua berubah menjadi menyenangkan saat tahu ternyata aku masuk di situ. Bahkan jujur saja, aku menangis terharu bersama keluarga saat mengetahui pengumuman itu :')

Namun, ternyata ada yang kecewa karena aku masuk Akuntansi bukannya di BK. Salah satunya, diriku sendiri. Kenapa? Karena jujur saja, menurut silsilah, keluargaku mulai dari simbahku adalah Guru. Yang kemudian menurun ke mantunya, yaitu bapak yang juga jadi Guru. Dan sekarang, anakanaknya belum ada yang menjurus ke Guru. Sebut saja mas pertama yang lulusan Akuntansi, atau masku kedua jurusan ilmu sosial. Serta sekarang ada aku di Akuntansi juga. Tak ada yang mempunyai basic menjadi Guru, akan kah pekerjaan keluarga sebagai Guru akan terhenti di generasiku? :-/

Yaa mungkin sebagai Guru memang sulit nantinya, namun siapa tau diantara kita bertiga ada yang menjadi dosen atau bahkan Guru besar. Hehe. Amiiiiiiiin :D

Dan setelah masuk aktif dalam perkuliahan, terasa ada yang janggal. Semua berbeda dengan masa SMA. Semua itu sudah aku tulis dalam postingan ini ADAPTASI KULIAH. Daripada aku tulis ulang disini, mending langsung baca dari situ aja :P

Sekarang, atau tepatnya akhir tahun. Sebuah pengalaman yang menegangkan dari masa kuliah semester pertama akan terjadi. Yaitu UAS. Ya, Ujian Akhir Semester. Walaupun ujiannya masih awal januari, namun galaunya sudah muncul sejak sekarang. Karena ada beberapa makul yang diwajibkan mengumpulkan tugas saat UAS. Sebenarnya bisa saja langsung mengerjakan sejak dahulu dan sekarang tinggal bersantai. Namun, dikarenakan suatu hal yang dinamakan malas dan kesenangan untuk menunda, akhirnya terjadilah kejadian seperti sekarang yaitu kelabakan menyadari bahwa deadline semakin dekat, kurang dari satu minggu. Jadi mungkin keinginanku di awal tahun nanti adalah Tugasku bisa kelar tepat waktu. hehe :3

Yap, itu saja yang aku tulis di sini. Berbagai pengalaman dari tahun 2012. Dan semoga pada tahun 2013 nanti. Akan ada pengalaman-pengalaman lain yang lebih menyenangkan. Hehe. Oke sekian, sampai jumpa kembali :p

1 komentar:

Komentar Komentar Komentar, Gratis tanpa dipungut biaya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...